Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasar Ekstrem Tomohon Memang ‘Super Wow’


Tersedia babi, anjing, kelelawar, tikus, dan aneka jenis ular, bahkan mungkin masih ada beberapa hewan-hewan tak lazim lain di pasar ini. Dan ‘wow’, pasar ini benar-benar ekstrem.
-----


Lapak penjual daging babi di Pasar Ekstrem Kota Tomohon/Akar-akar

Saat ke Kota Tomohon saya benar-benar penasaran dengan keberadaan pasar yang konon begitu ekstrem. Ekstrem yang dimaksud, karena pasar ini menyediakan aneka daging yang bagi sebagian orang tak lazim berada di pasar.

Jika Anda pecinta binatang, maka jangan coba-coba berkunjung ke tempat ini. Karena pasti Anda akan terbelalak dengan hamparan daging sejenis hewan peliharaan di sana. Ketika saya ke sana pun, tidak semua teman-teman saya berkenan masuk ke area pasar yang siap memutar isi perut ini.

Bagian luar Pasar Ekstrem Kota Tomohon/Akar-akar

Ketika turun dari mobil dan mencoba masuk ke pasar ini awalnya biasa-biasa aja. Pasar ini terlihat normal layaknya pasar-pasar tradisional yang menjual aneka sayuran, bahan pokok, dan rempah-rempah. Tapi semakin masuk ke dalam, saya mulai mencium aroma menyengat yang ternyata bersumber dari kumpulan lapak penjual daging.

Saat ke sana saya bahkan tak melihat daging sapi atau kerbau yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional lain. Justru yang terhampar adalah daging babi, anjing, ular, tikus, kelelawar dan ragam daging hewan lainnya. Entah saya yang tak melihat keberadaan daging sapi dan kerbau, atau entah karena memang pasar ini hanya menjual daging-daging tak biasa, (entahlah..).

Daging hewan yang dijual di Pasar Beriman atau akrab dikenal sebagai Pasar Ekstrem Kota Tomohon ini memang bukan hewan peliharaan. Hewan-hewan ini diperoleh dari hasil buruan warga di hutan. Ada daging yang dijual dalam kondisi utuh, namun ada juga yang telah dipotong-potong. Sebagian dijual per kilogram, namun ada juga yang dijual per ekor.

Harga daging yang dijual bervariatif. Misalnya daging anjing dijual Rp30-35 ribu per kilogram dan kelelawar Rp25-50 ribu per ekor.

Tak hanya di Indonesia, pasar ekstrem ini pun sempat heboh hingga mancanegara. Sehingga tak heran jika sesekali kita melihat bule di tempat ini. Yang datang ke pasar ini tidak semuanya berniat belanja loh, sebagian dari pengunjung datang ke sini justru dalam rangka berwisata.






Salam Akar-akar,

Klik Juga:

Posting Komentar untuk "Pasar Ekstrem Tomohon Memang ‘Super Wow’"