Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tuhan Mengabulkan Doa


Aku percaya bahwa tuhan punya cara sendiri dalam mengabulkan doa para umatnya. Hanya saja terkadang, kita sebagai umat terlalu Lola (Loading Lama) untuk menyadari bahwa cara tuhan adalah yang the best dari segala aspek.

Aku pernah mengeluh saat merasa tuhan begitu lama mengabulkan doa yang rutin terpanjat pagi, siang, dan malam bahkan dengan tangis. Meraung dalam diri, merasa marah, "tuhan, kenapa engkau begitu lama mengabulkan doaku?".

Tuhan pun menjawab rajukanku dengan tetap lama mengabulkan doa. Aku kembali merintih, bersujud, memohon dengan melas, "tuhan kumohon aku sudah tak sanggup menanggungnya, please kabulkan doaku, please..."

Hingga kulelah mengeluh dan tak lagi berenergi untuk protes.

Aku mencari akal, kumanfaatkan kecerdikanku yang tak seberapa ini dengan penuh kemaksimalan. Kucoba merayu tuhan dengan berbagai cara, mulai dari cara biasa, cara wajar, hingga cara yang aku sendiri sudah tak tahu lagi harus menggunakan cara apa.

Sempat terbesit, "wahai tuhan sang maha pengasih lagi maha penyayang, haruskah kuberhenti berdoa untuk mencuri lagi perhatianmu? Haruskah kumerajuk dengan cara-cara yang brutal dan brengsek?"

Beruntung hati kecilku menolaknya. Aku terlalu takut kehilangan tuhan. Aku terlalu takut hidup dalam kesendirian tanpa tempat pengaduan. Meskipun tuhan masih tak menghiraukan.

Kuubah redaksi doaku. Barangkali tuhan tak suka dengan redaksi doa yang selama ini selalu kuteriakkan. Kali ini doaku hanya satu, "tuhan, kumohon ampuni dosa-dosaku".

Hingga pada suatu titik aku merenung dan mengerti kenapa begitu lama tuhan mengabulkan doa-doaku. Tuhan ingin aku menyadari kesalahan-kesalahan yang membuat ia menghukumku begitu lama. 

Tuhan ingin aku belajar, tuhan ingin aku memahami, tuhan ingin aku memetik mahalnya berlian hikmah dari masa yang begitu menyakitkan menurutku. Tuhan ingin aku tahan banting. Tuhan ingin aku tak kembali jatuh di lubang yang sama.

Aku belajar.. aku menyadari.. hingga akhirnya tuhan mengabulkan doaku dengan caranya sendiri.



Posting Komentar untuk "Cara Tuhan Mengabulkan Doa "