Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ultah Adik & Kutu

Beberapa hari lalu adik gue ulang tahun. Dia udah gede banget sekarang. Udah tinggi, gede, bongsor, pinter bikin mie rebus, bikin kopi sendiri dan tiba-tiba udah kuliah aja. Dan di saat bersamaan gue pun semakin menua (my god).

Jujur, gue sayang banget sama adik gue. Bagi gue, dia adalah harapan hidup yang bikin gue semangat menjalani hidup sampai sekarang. Apapun yang gue lakukan selain untuk orangtua, khusus gue lakuin buat dia.

Jujur, gue pengen banget jadi orang cerdas, jadi orang kreatif yang punya banyak banget karya. Kenapa? Karena suatu saat, gue pengen banget kecerdasan adik gue dan karya-karya adik gue jauh lebih hebat dari karya-karya gue. Gue juga memutuskan untuk sekolah tinggi kenapa? Karena gue pengen suatu saat adik gue sekolahnya jauh lebih tinggi dari gue. Tapi kalau soal tinggi badan, dia udah sukses ngelampauin gue. Itu poin plus.

Bapak gue pernah bilang “Bagaimana adik gue ke depan, tergantung bagaimana gue sekarang. Dan menjadi apa adik gue ke depan, maka tergantung gue terlebih dulu jadi apa. Karena sebagai kakak, gue adalah panutan buat dia”. So, gue harus jadi anak yang baik.

Sejak SMA gue udah hang out dari rumah. Gue sekolah di kota biar jadi orang pinter dan nggak ndeso-ndeso banget. Ini gue lakuin biar kampung gue nggak di cap sebagai kampung cupu, yang kalau ke pasar hobinya pake gelang karet.

Satu misi terbesar gue kala itu. Setelah gue jadi orang sukses di Kota, gue pengen banget cari paranormal hebat yang bisa mindahin kutu-kutu di kampung gue ke tempat yang lebih aman.

Entah kenapa ibu-ibu di kampung gue hobi banget narikin kutu di kepala para anaknya dan mengunyahnya secara sadis. Mungkin itu nikmat, tapi kan kasian kutunya. Kalau kutu yang ditarik ternyata ibu-ibu kutu yang punya anak, gimana? Masa tega liat kutu kehilangan induknya.

Naluri ke-kutuan gue emang dalem banget kala itu.

Jujur.. jujur banget dan semoga kalian nggak il-feel dengan kejujuran satu ini, bahwa ketika kecil gue pernah dijulukin sebagai ‘gudang kutu’. Ya.. mendengar kata gudang kalian pasti bisa bayangin seberapa banyak kutu yang berhasil melahirkan kutu-kutu lain di kepala gue. Dan nggak cuma satu manusia yang bergudang kutu. Bahwa ada banyak anak-anak yang berhasil jadi juragan kutu masa itu. Tapi satu hal yang kalian harus percaya guys, bahwa makhluk-makhluk itu udah berhasil gue usir sejak … (??????) sejak …. (???????) sejak ….. (??????)

“Lupakan sejenak soal kutu”

Kembali ke agenda ulang tahun adik gue. Tahun ini seperti layaknya tahun kemarin dan tahun-tahun sebelumnya, gue hanya mengucapkan selamat bertambah umur lewat telfon, chat, dan media sosial. Itu karena keberadaan kita selalu berjauhan.

Dan untuk kalian para perantau,..

Kalian pasti pernah ngerasain apa yang gue rasain saat ini. Gue kangen banget sama Bapak, Emak, dan adik gue yang selalu bikin gue khawatir itu. Gue kangen banget sama mereka. Dan setelah gue pikir-pikir, rasa kangen gue ini terkadang kurang ajar juga. Gue baru ingat keluarga gue kalau gue lagi galau. Coba kalau gue lagi seneng, gue lupa dah sama semuanya.

Doa utama gue yang selalu gue panjatkan ke Tuhan, adalah agar Tuhan melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan untuk kedua orangtua gue. Gue selalu meminta sama Tuhan, Tuhan pliss.. jangan biarin orangtua gue sedih, gelisah dan galau meski setitik. Meski gue tau, mereka galau juga kadang gara-gara gue. Dan itu bikin gue semakin galauuuu.

Doa yang selalu gue panjatin ke Tuhan juga, semoga adik gue baik-baik aja. Semoga langkah adik gue, juga langkah gue sebagai seorang anak selalu dalam koridor dan jalan yang benar. Jalan yang diridhai oleh tuhan, dan jalan yang bisa bikin orangtua gue bangga.

Ajaibnya ikatan sebuah keluarga adalah bahwa mereka akan menerima kita dalam semua kondisi dan situasi. Mau gue miskin, kaya, jelek, menawan, kurang ajar, dan bla bla bla, gue mengetahui serta sangat menyadari bahwa hanya keluarga yang siap menampung dan menyambut gue dengan tangan terbuka. Kalaupun ada kemarahan di sana, itu hanya persoalan kasih sayang. Nggak akan ada yang setulus ketulusan keluarga.

Loving always




Penulis                   : Novriana Dewi





Posting Komentar untuk "Ultah Adik & Kutu"